Generasi Tua VS Generasi Muda : Mana Yang Lebih Baik?

Posted on 29 November 2009. Filed under: Info |

Ingatkah anda dengan peristiwa yang terjadi pada saat zaman penjajahan dulu yang terkenal dengan sebutan peristiwa Rengasdengklok? Ingat jugakah anda dengan peristiwa penurunan Presiden Soeharto pada tahun 1998 lalu yang kita sebut sebagai reformasi? Apakah yang sebenarnya terjadi pada kedua peristiwa berbeda zaman tersebut? Apa pula persamaannya? Hal yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah adanya perbedaan pendapat dan pendirian diantara dua generasi yang berbeda, yaitu generasi muda yang diwakili orang-orang yang berusia antara 17-30 tahun dan generasi tua yang diwakili orang-orang yang berusia 50 tahun ke atas.

Apabila anda tahu dan ingat dengan peristiwa Rengasdengklok, maka anda tentu telah mengetahui bahwa kejadian tersebut dapat terjadi karena adanya perbedaan pendapat diantara dua generasi yang berbeda. Orang-orang yang saat itu mewakili generasi muda memutuskan untuk menculik tokoh-tokoh politik dan membawanya ke suatu daerah yang bernama Rengasdengklok. Di sana mereka memaksa tokoh-tokoh politik tersebut untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Manusia-manusia muda usia tersebut terpaksa melakukan perbuatan itu karena mereka tidak dapat lagi menahan kesabaran untuk memperoleh kemerdekaan dan tidak setuju dengan pendapat orang-orang yang mewakili generasi tua yang lebih memilih “jalan santai” dan tidak terburu-buru untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Sedangkan pada peristiwa reformasi pada tahun 1998, jalan cerita yang terjadi tidak jauh berbeda dengan peristiwa Rengasdengklok, perbedaannya hanyalah pada tujuan yang ingin dicapai , yaitu menurunkan Presiden Soeharto dan menegakkan reformasi.

Apabila anda jeli, maka anda akan menemukan suatu hal yang unik, yaitu orang-orang yang mewakili generasi muda pada peristiwa Rengasdengklok mengalami hal yang serupa pada peristiwa tahun 1998. Hanya saja, mereka tidak lagi berperan sebagai generasi muda, melainkan mewakili generasi tua. Sebenarnya siapakah pihak yang benar dan siapakah pihak yang salah pada kedua peristiwa tersebut? Manakah yang lebih baik diantara generasi muda dan generasi tua?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: